Cara Membuat Kasoami

Kasoami merupakan makanan pokok tradisional yang paling populer di Sulawesi Tenggara. Kasoami dibuat dari tepung ubikayu melalui proses pengukusan. Untuk  lebih jelasnya mengenai bahan dan cara membuatnya silahkan dibaca uraiannya di bawah ini...
 Kasoami


Proses Pembuatan
  1. Kupas kulit ubi kayu lalu cuci hingga bersih kemudian diparut atau digiling dengan mesin parutan layaknya kita memarut kelapa.
  2. Bungkus hasil gilingan dengan menggunakan kain atau karung yang bersih agar produk parutan tetap higinis.
  3. Lakukan penindisan untuk mengurangi serta meniadakan kadar air ubi kayu. Biarkan selama 1-3 jam hingga air benar-benar kering.
  4. Hancurkan produk menggunakan tangan dengan cara mengelus-ngelusnya. Saringlah ubi kayu menggunakan saringan dari anyaman bambu dengan ukuran kira-kira 0.3 cm, hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pemasakan kasoami.
  5. Masukkan kedalam kulit kukusan berbentuk kerucut yang terbuat dari anyaman daun kelapa. Lalu masukkan kedalam periuk kukusan untuk dikukus.
  6. Tunggu hingga partikel-partikel pr-oduk terebut menyatu  dan terasa kental jika ditusuk yang menandakan kalau kasoami telah matang dan siap di hidangkan.

Jika ingin memberi sensari aroma yang lebih, kita bisa menambahkan bawang goreng dan diolah menjadi kasoami pepe, selain itu bentuknya pun bisa anda desain sesuai kehendak anda.

(Sumber: Lanane Wakatobi)

Resep terkait: