Resep Nasi Dagang Khas Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)

Nasi dagang adalah makanan Malaysia dan Indonesia berupa nasi yang ditanak bersama santan kelapa, dan disajikan bersama lauk kari ikan ikan tongkol. Hidangan ini berasal dari negara bagian Terengganu dan Kelantan. Di Terengganu, nasi dagang dibuat dari campuran beras dan ketan yang ditanak bersama santan kelapa. Nasi dagang terengganu dihidangkan dengan kuah nasi dagang yang dimasak dengan menggunakan bumbu khas Malaysia (cabai, kunyit, lengkuas, sereh), dan berbeda dengan bumbu kari dari India. Nasi dagang kelantan biasanya berwarna merah karena dicampur ketan merah.

Indonesia juga memiliki nasi dagang, yaitu yang berkembang di provinsi Kepulauan Riau. Nasi dagang Kepri dikukus dengan santan kelapa dan ditambah ikan tongkol, ikan bilis, ikan tamban, telur ayam, dengan sambal. Setelah itu, dibungkus dengan daun pisang.

Bumbu nasi dagang berupa bawang merah, biji kelabet, dan daun sereh. Kari ikan tongkol atau tenggiri sering kali merupakan satu-satunya lauk untuk nasi dagang. Lauk lain untuk nasi dagang misalnya kari kambing atau kari kepala ikan. Nasi dagang berbeda dari nasi lemak yang umumnya dimakan bersama ikan bilis dan telur.

Hidangan ini disebut nasi dagang karena pada zaman dulu dibawa sebagai bekal oleh orang kampung yang pergi untuk berdagang. Sewaktu bepergian jauh, pedagang membawa nasi berisi kari ikan dan acar yang dibungkus daun pisang.


Bahan-bahan:
  • 1 kg beras
  • 2 gelas santan yang diambil dari 1 biji kelapa
  • Secukupnya air
Nasi Dagang Khas Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)
Bumbu-bumbu:
  • 7 Buah bawang merah, diiris halus
  • 5 siung putih bawang, diiris halus
  • 2 sdm alba, direndam dengan air
  • 1 ulas halia diiris halus
  • Secukupnya garam dan penyedap rasa
  
Cara membuat:
  1. Beras direndam selama 20 menit-1 jam. Tiriskan, sisihkan
  2. Beras dikukus, lalu disiram dengan air panas mendidih sampai setengah masak.
  3. Angkat, masukkan santan, bawang putih, bawang merah, halia, alba, garam serta penyedap rasa, lalu aduk rata. Kukus lagi hingga matang.
  4. Hidangkan nasi dagang bersama sambal bilis, tamban masak asam dan sebagainya.