Resep Sekoteng Singapore Khas Sukabumi

Sekoteng adalah minuman yang terbuat dari air jahe yang biasa dihidangkan dalam keadaan panas dan dikonsumsi pada malam hari. Bahan yang biasanya ditambahkan ke dalam sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti tawar. Dalam bahasa Hokkian, sekoteng adalah "su ko thung" atau "si gou tang" yang berarti sup empat buah dan merupakan sebuah hidangan tradisi masyarakat Tionghoa. Di Tiongkok, sekoteng terdiri dari empat buah yang dikeringkan yaitu kacang amandel, biji jali, lengkeng, dan biji teratai. Di Indonesia, su ko thung sulit untuk dilafalkan, sehingga lebih dikenal dengan nama sekoteng.

Di Jawa Barat khussunya di Sukabumi terkenal Sekoteng Singapore khas Sukabumi. Di Kota Sukabumi sendiri, makanan ini bisa ditemukan di Jalan A. Yani. Sekoteng Singapore khas Sukabumi ada tambahan roti berbentuk bulat panjang dan biskuit. Roti ini yang membedakan Sekoteng khas Sukabumi dengan sekoteng lain.

Di dalam Sekoteng ada kacang hijau, kolang kaling, pacar cina, dan jenis kacang-kacangan lain. Rasanya yang sangat enak, manis dan cita rasa yang menghangatkan tubuh dari Jahe.

Resep Sekoteng Singapore Khas Sukabumi

Berikut ini kami sajikan resep Sekoteng Singapore Khas Sukabumi.

Bahan-bahan:

  • 60 gr jamur es putih
  • 25 gr dried lotus (lienci),buang bagian tengahnya karena pahit
  • 30 gr red dates (angco)
  • 30 gr jali2 (barley)
  • 20 gr goji berry (kici),jagan terlalu banyak karena asam
  • 50 gr gula batu
  • 1 kaleng longan kalengan (buah + airnya)
  • 1500 ml air


Cara membuat:

  1. Rendam jamur es dan lotus seed sampai mengembang (kira-kira 1 jam/semalaman) Tiriskan. buang bagian bonggol jamur yang berwarna kuning, gunting/sobek kecil-kecil
  2. Didihkan air, masukkan lotus seed,angco (red dates) dan barley. Masak kira-kira 10 menit
  3. Tambahkan gula batu dan jamur putih. Masak kira-kira 15 menit lagi sampai mendidih dan lunak
  4. Periksa rasa, matikan api, masukkan kici dan longan kalengan beserta airnya. Aduk rata. Setelah dingin masukkan kulkas. bisa di sajikan dingin atau panas