Resep Kue Cucur Khas kalimantan Timur

Cucur adalah kudapan tradisional di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia dan Thailand Selatan. Di Indonesia, kue kucur bisa disebut oleh-oleh khas kalimantan timur, oleh-oleh khas kalimantan tengah, oleh-oleh khas kalimantan barat, dan oleh-oleh khas kalimantan utara.

Namun, kali ini Dapur Teh Enur akan menyajikan resep cara membuat kue cucur khas Kaltim. Makanan pencuci mulut ini terbuat dari tepung beras dan gula aren yang digoreng. Kue cucur bersifat tebal menggembung seperti gunung di bagian tengah dan tipis di pinggirannya.

Resep Kue Cucur Khas kalimantan Timur


Bahan-bahan Kue Cucur Khas kalimantan Timur:

  • 230 ml air
  • 125 gram tepung beras
  • 125 gram gula merah
  • 30 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 lembar daun pandan, ikat
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Cucur Khas kalimantan Timur:

  1. Rebus air, gula merah, dan daun pandan sampai gula larut. Saring. Diamkan hingga hangat kuku.
  2. Campur tepung beras, tepung terigu, dan garam. Tuang larutan gula sedikit-sedikit sambil diuleni. Setelah adonan kental, keplok-keplok 30 menit sambil terus dituangi larutan gula sedikit-sedikit sampai habis. Diamkan 40 menit.
  3. Panaskan 4 sdm minyak di dalam wajan cekung kecil. Tuang adonan cucur. Siram-siram dengan minyak panas sampai mengembang dan berserat.
  4. Tusuk bagian tengahnya dengan tusuk sate, sambil diputar-putar hingga adonan di bagian dalam yang masih mentah keluar. Siram-siram terus sampai matang. Balik sebentar. Angkat.

Sumber: Sajiansedap.grid.id