Dali ni Horbo - Makanan Dari Susu Kerbau Kuliner khas Batak

Dali ni Horbo
Dapur Teh Enur - Dali ni Horbo atau Bagot ni horbo adalah air susu kerbau yang diolah secara tradisional dan merupakan makanan khas Batak dari daerah Tapanuli.

Konon menurut ceritanya, tradisi mengolah susu kerbau menjadi dali sudah dimulai oleh leluhur orang batak semenjak adanya komunitas batak. Pada setiap rumah makan khas batak, dali menjadi menu utama. Untuk mendapatkan dali, umumnya di setiap onan (pasar) di daerah Tapanuli, dali menjadi komoditas dagangan.

DALI HORBO Ada juga yang menyebutnya bagot horbo. Dalam bahasa batak, keduanya berarti susu kerbau. Dali Horbo bentuknya seperti tahu yang dibuat dari susu kerbau yang sudah diproses menjadi dadih.

Susu yang diambil dari hasil perahan direbus sekitar 10 menit dalam wadah yang steril dengan menambahkan air nenas untuk membantu pengentalan susu serta mengurangi aroma keamisan. Dali juga bisa dicampurkan dengan air perasan daun pepaya.

Dalam proses pembuatan dali horbo, susu kerbau dimasak di atas api kecil hingga mendidih dan mengental. Teksturnya yang padat seperti tahu disebabkan air daun papaya yang ditambahkan kedalamnya. Itu juga alasan di balik warna kehijaun susu ini.


Resep Cara Membuat Dali ni Horbo
  1. Dalam proses pembentukannya menjadi tahu, biasanya susu kerbau cair dimasak pada api dengan suhu kecil sehingga tidak terlalu panas. Kemudian susu cair akan mendidih pelan-pelan dan mengental. 
  2. Lalu dimasukkanlah perasan air daun pepaya kedalam susu kerbau cair yang sedang di masak, hal ini akan membuat susu kerbau cair akan mengental sehingga berbentuk seperti tahu.
  3. Dalam proses pemasakan biasanya akan muncul buih-buih pada bagian atas susu yang sedang dimasak. Buih-buih ini harus diambil sedikit demi sedikit hingga perlahan-lahan susunya akan mengental.

Penyajian

Bagot ni horbo (susu kerbau) dapat langsung dikonsumsi karena sudah melalui proses pematangan. Bagot ni horbo akan lebih nikmat jika dimasak dengan bumbu arsik. Arsik merupakan masakan khas suku batak yang biasanya memakai ikan mas sebagai bahan dasarnya.