Cara Membuat Keripik Pisang Lampung

Keripik pisang adalah salah satu oleh-oleh khas Lampung. Keripik ini dibuat dari pisang yang diiris tipis dan digoreng sampai garing. Pada awalnya dijual tanpa tambahan perasa, namun kini sudah berkembang menjadi aneka rasa lain seperti asin, manis, keju, cokelat, bahkan kopi, melon, dan stroberi.

Bagi anda yang ingin membuat keripik pisang ala Lampung sendiri dapat membuatnya di rumah dengan bahan dan cara (Resep) yang tidak sulit seperti yang akan diuraikan di bawah ini...
Keripik Pisang Lampung

Bahan-bahan:
  • 1 kg pisang mengkal (pisang kepok, pisang raja, tanduk, kapas, nangka, atau Ambon)
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
  • 1 sdt kapur sirih yang dilarutkan dalam satu liter air

Cara membuat:
  1. Pisang dikupas, lalu iris secara melintang, bujur, atau miring. Rendam dalam air kapur selama sekitar 30 menit sampai satu jam. 
  2. Cuci pisang hingga bersih. Rendam dalam air garam selama 10 menit. Tiriskan.
  3. Panaskan minyak sampai suhu 190 C. Masukkan pisang dan goreng sampai garing keemasan, usahakan semua pisang terendam dalam minyak. Tiriskan.
  4. Untuk mendapatkan aneka rasa tambahkan perasa. Siapkan perasa bubuk di dalam kantung plastik. Contohnya untuk perasa cokelat, Anda bisa mencampurkan 75 gram gula bubuk, 50 gram cokelat bubuk, dan 2 sdm susu bubuk rasa vanili.
  5. Setelah keripik agak dingin, masukkan keripik ke dalam kantung plastik dan kocok-kocok sampai bumbunya menempel merata pada keripik. Sajikan atau simpan di wadah kedap udara.