Cara Membuat Kerupuk Kemplang Khas Sumatera Selatan

Kerupuk Kemplang adalah salah satu jenis kerupuk yang berasal dari Sumatera Selatan.
Terbuat dari ikan tenggiri dengan bahan adonan berupa tepung tapioka, garam, telur ayam, dan lain sebagainya, sehingga menghasilkan makanan khas yang gurih.

Bahan-bahan:
Kerupuk Kemplang
  • 2 Kg ikan tenggiri, dicuci sampai bersih
  • 1,7 kg sagu
  • Secukupnya garam
  • 2 sdm sagu
  • 1 ons terigu   

Cara Membuat:
  1. Rebus ikan tenggiri selama beberapa saat. Buang tulangnya dan giling halus.
  2. Campur air sisa rebusan ikan dengan terigu serta sagu dengan memasaknya dalam panci sampai mengental
  3. Campurkan bahan campuran tersebut dengan ikan giling. Taburi garam dan sagu sedikit demi sedikit. Aduk rata, uleni adonan sampai kalis.
  4. Bentuk adonan menajdi bulat memanjang (seperti empek-empek)
  5. Rebus dalam air mendidih yang sudah dicampur minyak secukupnya. Tunggu sampai mengapung dan mengembang. Angkat lalu tiriskan. Dinginkan sebentar dan simpan dalam kulkas supaya padat serta mudah diiris.
  6. Iris tipis-tipis dan tata dalam tampah lalu jemur sampai kering.

Cara Menggoreng Kemplang
  1. Kemplang kering sebelum di goreng sebaiknya di jemur terlebih dahulu kira-kira 2-3 jam di bawah panas terik matahari.
  2. Siapkan dua wajan berukuran kecil dan besar.
  3. Panaskan minyak goreng di atas wajan besar sampai benar-benar panas dan. Sedangkan wajan kecil minyak gorengnya jangan dibiarkan sampai terlalu panas.
  4. Masukkan kemplang mentah ke wajan kecil dengan minyak goreng panas sedang. Sampai kemplang mulai mengapung dan mengeluarkan warna putih di beberapa bagian kemplang.
  5. Pindahkan dengan cepat kemplang di wajan kecil ke wajan besar dengan minyak goreng yang benar-benar panas. Lalu ditekan dan diaduk sampai  kemplang benar-benar mengembang.
  6. Kemplang yang sudah masak lalu di tiriskan dan didinginkan sebelum dimasukkan ke dalam wadah (plastik/toples).

Incoming search: resep kemplang renyah, resep kemplang tuban, cara membuat kemplang singkong, cara membuat kemplang bangka, resep kemplang gresik, resep keripik kemplang jawa timur, kerupuk kemplang bangka, kemplang lampung