Resep Teh Talua (Teh Telur) - Minuman Khas Sumatera Barat

Teh Talua atau teh telur adalah minuman khas Sumatra Barat (Sumbar) yang merupakan menu wajib di warung tradisional maupun restoran Padang. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung. Teh talua biasanya diminum oleh para petani yang hendak meladang, sebagai penambah stamina kerja.

manfaat teh talua, teh talua jakarta, resep teh talua, harga teh talua, cara membuat teh talua 4 tingkat, cara membuat teh telur susu, sejarah teh talua, cara membuat teh telur sederhana

Cara membuatnya cukup mudah. Anda tinggal mengocok telur bebek atau telur ayam kampung dicampur sedikit susu dan gula hingga berbusa. Setelah itu seduh dengan air teh yang panas. Jangan lupa ditambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar bau amis dari telur dapat disamarkan.

Jika didiamkan sejenak setelah diseduh dengan air teh yang panas, teh talua akan menampilkan lapisan-lapisan yang unik jika dilihat dari gelas yang bening. Mirip minuman-minuman mahal di cafe-cafe tentunya. Pada lapisan atas dilapisi busa, bagian tengahnya berwarna putih dan bagian dasarnya berwarna kecoklatan. 

Resep Teh Talua (Teh Telur) - Minuman Khas Sumatera Barat
Teh Talua (Teh Telur) - Minuman Khas Padang

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur ayam kampung/itik
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 kantong teh celup
  • 1 gelas air panas mendidih
  • 1 sachet skm
  • 1 bh jeruk nipis


Langkah:

  1. Rebus air bersama teh sampai mendidih.
  2. Campur gula dan telur di gelas. Pisahkan putih telurnya. Kalau pakai telur ayam kampung saya suka sekalian putihnya.
  3. Kocok dgn mixer, kecepatan tinggi sampai telur mengembang.
  4. Siram dengan teh panas. Lalu masukkan skm.
  5. Aduk rata dengan sendok agar telur tercampur rata dgn air panas sehingga tidak amis, beri perasan jeruk nipis membantu mengurangi amis.