Resep Srikayo (Srikaya) Pandan Lembut dan Harum Khas Palembang

Resep Srikayo (Srikaya) Pandan Khas Palembang Lembut dan harum

Srikayo (Srikaya) adalah salah satu makanan khas yang terkenal berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Srikayo dibuat dalam mangkuk kecil dan berwarna hijau karena menggunakan air aroma pandan, yang menjadi ciri khasnya. Berikut ini Bahan dan cara membuatnya.

Pencarian Google: srikayo khas palembang, cara membuat kue srikaya, harga srikaya palembang, srikaya palembang santan kara, srikaya telur, harga kue srikaya palembang, cara membuat srikaya, srikaya ketan palembang, cara membuat srikaya untuk dijual, srikaya palembang santan kara, cara membuat kue srikaya, video cara membuat srikaya palembang, resep srikaya ketan, resep srikaya cup, resep srikaya legit, harga srikaya palembang

Bahan-bahan

  • 4 butir telur ayam
  • 1 gelas gula pasir
  • 1 santan kental
  • 5 lembar daun pandan
  • 5 lembar daun suji


Cara membuat:

  1. Siapkan gula pasir dan telur dalam wadah, lalu aduk/kocok (tidak sampai mengembang). 
  2. Blender pandan, suji dan santan hingga pandan dan suji hancur. Saring airnya. Campurkan santan tersebut dengan campuran gula pasir dan telur, aduk sampai tercampur rata.
  3. Siapkan kukusan/dandang, lapisi tutupnya dengan serbet agar uap air tidak jatuh ke dalam srikaya yang akan dikukus
  4. Tuang adonan srikaya ke dalam cetakan. Aduk adonan sebelum dituang ke cetakan agar bahan campurannya tetap menyatu rata (tidak mengemulsi). Kukus selama 10-15 menit.
  5. Angkat, lalu dinginkan sebentar bersama cetakannya.