Cara Membuat Rujak Bulung Khas Bali

Bulung adalah makanan khas Bali yang terbuat dari rumput laut hijau (Bali: bulung). Rumput laut disajikan utuh bersama dengan bumbu-bumbu.

Terdapat dua jenis rumput laut yang biasa digunakan sebagai bahan baku, yaitu bulung buni/ boni dan bulung rambut. Cara pengolahan dan penyajian keduanya berbeda.

Bulung buni tidak dimasak melainkan dicuci dengan air panas. Bulung jenis ini disajikan dengan campuran parutan kelapa bakar, lengkuas, jahe, serai, potongan cabai, air jeruk limau, kemudian ditaburi kacang atau kedelai goreng di atasnya.

Bulung rambut direbus sebentar sebelum digunakan. Bumbu yang digunakan adalah cabai, terasi, gula putih, air jeruk limau, kemudian disajikan dengan kuah pindang atau kaldu yang terbuat dari ikan, garam, terasi, dan cabai, serta taburan kedelai goreng. Bumbu berkuah ini dituangkan ke dalam bulung yang telah ditempatkan di piring dan kemudian ditaburi kacang. Ketika disantap, rasa asin dari rumput Bulung dan kuah pindang sangat dominan.


Kandungan gizi

Bulung tergolong dalam Genus Caulerpa dan biasa juga disebut "anggur laut". Penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan bulung buni (Caulerpa spp.) lebih tinggi dibandingkan bulung sangu (Gracilaria spp.) an Euchema spinosum.


Cara Membuat Rujak Bulung

 BulungBahan-bahan:
  • Secukupnya Rumput laut
  • 3 biji Cabe sesuai selera
  • Secukupnya Kuah pindang
  • 1 biji Jeruk lemo
  • Kacang tolo goreng
  • Secukupnya Micin
  • Secukupnya Garam

Langkah-langkah:
  1. Haluskan cabe, garam dan micin menggunakan ulekan.
  2. Tuangkan kuah pindang ke dalam bahan yang sudah halus
  3. Masukan rumput laut secukupnya, lalu beri perasan jeruk lemo
  4. Masukan kacang tolo yg sudah di goreng.
  5. Letakkan di piring lalu sajikan.