Embal - Makanan khas masyarakat maluku tenggara / kota tual

 Embal
Embal adalah Makanan yang berbahan dasar singkong, setelah diolah panganan ini dapat disajikan dalam berbagai macam varian menu. Embal ini biasanya dijadikan cemilan oleh masyarakat sekitar maluku tenggara / kota tual. Kei atau yang lebih kita ketahui dengan Tual, Maluku Tenggara. Daerah ini memiliki banyak makan khas, salah satunya adalah “Embal”.

Embal terbuat dari singkong yang telah menjadi tepung, tapi tepung yang dibuat sendiri. Untuk proses pembuatanny, singkong yang diambil dari kebun akan diparut, kemudian hasil parutan singkong dimasukan kedalam karung. Setelah ditekan oleh batu dan di biarkan semalam, agar air dari singkong tersebut menjadi tepung.

Setelah proses menjadi tepung, tepung dari singkong ini bisa kita gunakan membuat Embal.

Embal memiliki banyak varian, seperti : Embal Kacang yang rasanya manis, Embal Bubuk Hug, Embal yang dibuat seperti nasi goreng, Embal Love karena bentuknya yang seperti buah hati, Embal Tumpeng  yang dicampur dengan gula merah dan masih banyak lagi jenis Embal yang belum aku ketahui.

Ada Embal yang jika kita makan rasanya hambar dan ada Embal yang kita makan rasanya manis. Untuk embal yang rasanya hambar biasa temani oleh ikan dan sayur daun pepaya, atau bisa kita tambah dengan  lauk- pauk kesukaan kita.

Khusus untuk Embal Love dan Embal Kacang ini bisa bertahan sampai tiga bulan lebih. Biasanya dua jenis Embal ini dimakan dipagi hari dan sore hari. Untuk dua jenis Embal ini bisa kita temani dengan teh atau kopi untuk penambah rasa manis.(Sumber)

Resep terkait: