Resep Karupuak Jariang (Kerupuk jengkol) Khas Padang

Karupuak Jariang atau Kerupuk jengkol adalah salah satu dari variasi kerupuk yang ada di Padang, Sumatera Barat. Kerupuk ini berbahan dasar Jengkol tua yang masih segar dengan bumbu-bumbu khas Padang.
Meski terbuat dari Jengkol, namun Karupuak Jariang ini tidak terlalu bau dibandingkan gulai jengkol atau jengkol balado, karena saat proses perebusan  diberi daun salam untuk mengurangi. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Karupuak Jariang (Kerupuk jengkol)

Bahan-bahan:
  • 500 gr jengkol tua
  • Secukupnya air untuk mencuci dan merebus jengkol
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Karupuak Jariang (Kerupuk jengkol):
  1. Buka kepingan jengkol menjadi dua, lalu rendam di dalam air selama 20 menit. Selama perendaman, buang airnya ( lakukan 2-3 kali rendaman ) lalu diangkat.
  2. Masukkan jengkol dalam air mendidih, lalu tambah garam secukupnya. Rebus jengkol sampai empuk, tiriskan.
  3. Setelah jengkol dingin, pukul/tumbuk secara perlahan tiap kepingan dengan posisi yang lunak di bagian bawah, gunakan Batu lado untuk menumbuk dan menipiskan jengkol. Lakukan hingga jengkol tipis dan rata.
  4. Ambil satu keping jengkol dan tumbuk di sebelah jengkol yang sudah tipis. Pukul perlahan dan sambungkan dengan jengkol pertama, sampai tipis dan rata. Lakukan sampai 3 keping jengkol, sehingga ukuran kerupuk menjadi sebesar telapak tangan.
  5. Ambil jengkol yang sudah tipis dan menyatu tadi secara perlahan dengan sendok tipis dan lebar, lalu letakkan pada tampah. Jemur di bawah sinar matahari hingga kering.
  6. Goreng kerupuk dengan minyak panas, tiriskan. Karupuak Jariang (Kerupuk jengkol) Khas Padang siap dikonsumsi.

Resep terkait: