Cara Mengolah Nasi Tiwul Khas Jawa Timur

Tiwul adalah makanan khas dari Jaw Tengah dan Jawa Timur, berasal dari bahan baku ketela yang telah dikeringkan atau biasa disebut gaplek.

Bahan baku tersebut kemudian dihaluskan menjadi tepung dan bisa diolah menjadi makanan seperti tiwul. Makanan sejenis ini masih bisa kita temui dibeberapa daerah seperti di daerah Wonogiri, Jawa Timur, Gunung Kidul, Yogyakarta serta di Blitar, Jawa Timur.

Rasanya manis khas singkong, warnanya kecoklatan. Buat yang tidak biasa, perut mungkin akan terasa panas, makanya biasa dicampur dengan nasi putih. Sebagai pelengkap nasi tiwul, urap, ikan asin dan sambal cabuk terasa pas.

Nasi Tiwul
Cara memasak nasi tiwul sedikit lebih rumit daripada nasi putih biasa, namun tidak terlalu rumit untuk dicoba oleh pemula. Nasi tiwul ini kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras putih biasa, dan juga dipercaya bisa mengobati penyakit pencernaan seperti maag. Tiwul bisa dimasak manis atau dimasak gurih. Di beberapa suku di Indonesia, nasi tiwul dinikmati dengan masakan pelengkap seperti sayur dari daun singkong dan ikan tongkol. Selain itu, beberapa orang tua masih memilih nasi tiwul dibandingkan dengan nasi putih, lantaran rasanya yang berbeda. Sebagai jajanan pasar ataupun sebagai pengganti nasi, nasi tiwul patut dicoba.

Bahan-bahan:
  • 300 gram tepung gaplek instan atau bisa juga diganti dengan singkong yang sudah dijemur kering lalu dihaluskan
  • 70 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 100 gr gula merah, disisir

Bahan taburan:
  • 1/4 butir kelapa muda, diparut
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat:
  1. Taruh tepung gaplek di atas tampah, perciki dengan air sambil diaduk0aduk hingga donan berbutir seperti pasir, sisihkan.
  2. Masukkan adonan ke dalam dandang yang telah dipanaskan dan dialasi daun pisang, Taruh gula merah sisir secara acak. Kukus selama 60 menit, angkat.
  3. Kukus kelapa parut, daun pandan, dan garam selama 15 menit, angkat
  4. Sajikan tiwul bersama kelapa parut

gatot tiwul, filosofi tiwul, getuk tiwul, cara membuat tiwul ayu, cara membuat nasi tiwul dari tepung tapioka, cara membuat oyek tiwul, bagaimanakah cara penyajian tiwul, nasi goreng tiwul, resep dan cara membuat tiwul

Resep terkait: