Resep Cara Membuat Kompyang Khas Manggarai

Kompiang atau Kompyang adalah panganan lokal yang sudah erat dengan nama Manggarai - Wilayah Manggarai Raya, Nusa Tenggara Timur. Kompiang terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, garam, minyak goreng, vermipan, dan wijen. Semua bahan itu dicampur dengan air, sesuai takaran. Butuh waktu 12 jam untuk menyiapkan adonan kompiang.

Kompiang bisa langsung dimakan atau digoreng terlebih dulu. Kompiang paling nikmat disantap saat sore hari, ditemani kopi atau teh hangat.


Bahan-bahan:
    Kompyang
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 175 gr air
  • 20 gr susu bubuk
  • 4 gr ragi instan
  • 3 gr garam

Bahan Olesan dan Taburan :
  • 1 butir kuning telur + 2 sdm susu cair
  • Secukupnya  wijen putih

Cara Membuat :
  1. Campurkan terigu, susu bubuk dan ragi instan. Aduk rata.
  2. Masukkan sedikit demi sedikit air sambil terus diaduk hingga rata. Masukkan garam, aduk rata.
  3. Tutup adonan dengan plastik, lalu diamkan selama 30 menit.
  4. Takar adonan kira -kira 50 gr, bentuk bulat dan tata di loyang yang sudah dioles margarin. Beri bahan olesan dan taburi dengan wijen putih.
  5. Panggang dalam oven suhu 170'C selama 30 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat, sajikan.
Roti kompyang adalah roti kuno yang berasal dari Cina. Konon Kompyang berasal dari nama penemunya yaitu Qi Jiguang, yang terinspirasi dari onigiri Jepang. Ketika ia memimpin tentaranya ke Fujian pada tahun 1562, perompak Jepang selalu bisa menemukan dimana mereka beristirahat dikarenakan asap masakan. Tidak demikian dengan perompak Jepang yang membekali diri dengan onigiri. Lalu Qi Jiguang membuat kompyang sebagai ransum, karena keras dan tahan lama. Roti ini diikat di badan mereka sehingga mereka bisa makan pada saat berperang. Untuk merayakan kemenangan Qi Jiguang atas para perompak, kue ini dinamakan guang bing (source : NCC Bread Week).

Resep terkait: