Cara Membuat Jepa, Roti Singkong Khas Mandar

Jepa adalah makanan khas suku Mandar, yang terbuat dari singkong. Suku Mandar, memakan Jepa sebagai makanan pokok,menggantikan nasi yang enjadi makanan pokok kebanyakan orang Indonesia.

Jepa berbentuk lempengan tipis bundar berdiameter sekitar 20 sentimeter dengan tebal setengah sentimeter dihidangkan di atas piring. Bahan dan resep cara membuatnya adalah sebagai berikut...



JepaBahan utama:
  • Singkong

Proses pembuatan:
  1. Kupas kulit singkong, cuci bersih, lalu diparut.
  2. Parutan singkong dibungkus dengan karung, peras hingga sari singkong keluar. Ambil ampas singkong, sisihkan untuk diolah. 
  3. Ayak ampas singkong menggunakan tapis bambu. 
  4. Siapkan alat bernama panjepangan, lalu dipanaskan menggunakan kayu bakar. Panjepangan adalah alat yang berbentuk piring yang terbuat dari tanah liat. Panjepangan terdiri dari dua piringan. 
  5. Masukan ampas singkong ke atas salah satu panjepangan (Anda dapat menakar jumlah Ampas singkong menggunakan batok kelapa). Setelah diratakan, singkong kemudian ditumpuk dengan piringan tanah liat lainnya sehingga singkong berada di tengah-tengah kedua piringan tanah liat dan seluruh sisi singkong terpanggang dengan sempurna. 
  6. Tak perlu menunggu lama, dengan waktu lima menit untuk setiap lempengan, jepa pun jadi. 

Penyajian
  • Jepa disajikan selagi panas dengan tumisan sayur ataupun tumis ikan seribu yang merupakan ikan khas Mandar. Biasanya warga setempat menyantap jepa untuk sarapan, makan siang maupun makan malam.
cara membuat jepa mandar, resep jepa mandar, loka anjoroi, makanan khas mandar, makanan khas sulawesi barat,

Resep terkait: