Fermipan

salah satu produk Fermipan
Salah satu produk Fermipan
Bagi anda yang memiliki hobi memasak tentu tidak asing lagi dengan fermifan. Bahan ini sering digunakan oleh para juru masak untuk membuat makanan. Namun beberapa orang belum tahu apa arti definisi dari fermifan ini.

Fermipan adalah brand ragi yang diproduksi di Perancis dan telah dikenal luas oleh para tukang roti di berbagai negara di dunia

Ragi adalah suatu macam organisme ber-sel tunggal yang tergolong dalam 1 rumpun cendawan. Ragi berasal dari organism sebangsa jamur pemakan gula dengan nama Saccharomyces Cerevisieae yang akan menghasilkan CO2 dalam proses pembuatan adonan roti dan CO2 itu akan ditangkap /diperangkap oleh perekat sehingga roti bisa cepat mengembang. Cara berkembang biaknya ragi adalah dengan membelah diri.


Macam-macam ragi:
  • Ragi trombotik (dikompresi ragi), berbentuk padat segar dan mengandung 70% kadar air. Harus disimpan dalam lemari es.
  • Ragi koral (aktif ragi kering), berbentuk koral dengan kandungan air 7,5%. Untuk mengaktifkannya, rendam dalam air bersuhu 40 * C dengan perbandingan ragi dan air 1:4 selama 10 menit atau lebih.
  • Ragi instan (instan kering ragi), berbentuk butiran, sangat praktis karena dapat langsung dicampurkan dengan bahan kering lainnya (kecuali garam yang dapat mematikan proses pengembangan roti).
[Sumber: Dapur prima]