Cara membuat Tipa-tipa - Makanan Ringan Khas Batak, Toba Samosir

Tipa-tipa
Tipatipa adalah makanan ringan khas Batak yang berasal dari Porsea, Toba Samosir, Sumatera Utara. Bentuknya agak keras dan berasal dari beras yang dipilih khusus untuk membuat tipatipa. Karena bahan dasarnya beras, tipa-tipa mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga ia bisa dijadikan  pengganjal perut, terutama bagi mereka yang belum sempat atau terlambat makan, khususnya ketika sedang dalam perjalanan.

Tipa-tipa merupakan cemilan yang terbuat dari padi muda dan hanya ditemukan di daerah Toba Samosir. Dari bahan baku padi yang masih muda yang begitu dipanen padi tersebut direndam lebih kurang selama dua malam.

Setelah melewati perendaman selama dua malam, kemudian ditiriskan dan digongseng hingga mencapai tingkat kematangan tertentu. Dalam keadaan masih panas padi yang sudah digongseng tersebut ditumbuk. Proses menumbuk padi secara berulang kali inilah yang menamakan cemilan ini Tipa-tipa.

Setelah padi ditumbuk maka dilakukan proses pembersihan beras untuk memisahkan kulit padi dengan cara ditampi, setelah dibersihkan tipa-tipa siap disantap.

Tipa-tipa dijadikan sebagai cemilan dan biasanya dimakan dengan campuran kelapa parut dan ditambahkan sedikit gula atau garam sesuai dengan selera masing-masing.

Banyak cara untuk menikmati tipa-tipa. Selain dimakan begitu saja sebagai camilan, sebagian orang ada yang mencampurnya dengan susu panas maupun dingin, seperti sereal. Adapula yang menikmatinya dengan kopi panas. Cara lain adalah merebusnya sehingga berbentuk bubur dan dicampur dengan madu.

Resep terkait: