Resep Cara Membuat Kue Rangi Khas Betawi

Kue Rangi atau sering disebut sagurangi adalah salah satu kue tradisional Betawi yang masih mudah dijumpai hingga saat ini. Kue dari campuran kelapa parut dan tepung sagu ini disajikan dengan saus gula merah yang dikentalkan dengan sedikit sagu. Untuk saus gula merahnya bisa juga ditambahkan potongan nangka, nanas atau durian dan buah-buahan lain sesuai selera. Kue ini rasanya gurih dan beraroma wangi karena dimasak dengan cara dipanggang menggunakan bahan bakar kayu.

Cetakkan kue rangi lebih mirip dengan kue pancong atau bandros tapi ukurannya lebih kecil. Beberapa pedagang kecil membuat kue rangi tanpa menggunakan cetakan kue jadi hanya dikecilkan dan ditipiskan ukurannya.

Bahan serta bumbu untuk membuat kue rangi antara lain: kelapa tua, tepung sagu, gula merah serta sedikit garam dan air. Adonan bahan kue ini tidak dapat bertahan lama sehingga harus dihabiskan dalam satu hari karena mudah basi.


Bahan-bahan Rangi
    Kue Rangi
  • 400 gr tepung sagu tani / tapioka
  • 200 gr Kelapa tua (kulit luar dikupas)
  • 200 ml air matang
  • 1 sdt garam

Bahan saus gula:
  • 250 gr gula jawa/merah
  • 200 ml air matang
  • 3 sdm munjung tepung sagu + sedikit air (aduk, sisihkan)
  • 1 lembar daun pandan
   
Cara membuat Rangi:
  1. Kelapa diparut kasar, tambahkan sagu, aduk rata.
  2. Siapkan mangkuk, campurkan air matang dan garam (air garam), aduk rata.
  3. Masukan air garam kedalam campuran kelapa + sagu ulenin hingga berbutir butir (hentikan pemakaian air bila adonan sudah berbutir)
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan kue rangi (mirip dgn cetakan kue pancong tp lbh kecil) atau panaskan teflon dan tuang adonan.
  5. Tutup dan Masak diatas api sedang kurang lebih 5 sampai 10 menit. Masak hingga adonan habis. Sajikan bersama saus gula.

Cara membuat saus gula:

Gula merah diiris-iris, masukan kedalam air, tambahkan daun pandan. Masak hingga gula larut. Tuang sagu yg sudah dicampur air masak hingga meletup letup. Hidangkan selagi hangat sebagai pendamping Rangi.

Resep terkait: