Cara Membuat Kue Bandros Asli Bandung

Bandros adalah salah satu makanan khas daerah Jawa Barat Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Kue ini biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir. Bentuk kue ini mirip dengan kue pukis karena memang di cetak pada cetakan yang serupa, yakni cetakan yang berbentuk setengah lingkaran dan berjejer cukup banyak. Kue bandros biasanya disajikan bersamaan dengan teh manis atau kopi.

Ada beberapa jenis bandros yang dikenal di tanah Jawa Barat. Ada yang disebut dengan bandros asin dan juga bandros manis. Kedua jenis bandros tersebut dibedakan karena ada beberapa kebiasaan di masyarakat Jawa Barat untuk makan bandros tanpa menggunakan gula, tetapi ada juga yang menggunakan taburan gula pasir sehingga membuat bandros yang dimakan terasa manis.
Berikut ini Resep membuat Kue Bandros Bandung dengan rasa asin/orginal.

Bandros Asli Bandung
Bahan-bahan:
  • 150 gram tepung beras
  • 150 gram kelapa parut
  • 1 sendok teh garam
  • 400 ml santan kental
  • 2 sendok makan gula pasir untuk taburan
  • 3 sendok makan Minyak goreng untuk olesan

Cara membuat:
  1. Campurkan tepung beras, kelapa parut, dan garam. Tambahkan santan sedikit demi sedikit, aduk rata.
  2. Siapkan cetakan kue pukis di atas kompor dengan api kecil, olesi dengan minyak. tuang adonan ke dalam maing-masing cetakan hingga terisi semua lalu tutup. Tunggu beberapa menit hingga matang.
  3. Angkat bandros yang sudah matang lalau letakkan di piring saji, sajikan dengan taburan gula pasir di atasnya.

Di daerah Cisangkuy, Kota Bandung, kita juga dapat menemukan penjual bandros yang dikenal dengan bandros gaul. Bandros gaul menyediakan beberapa macam inovasi bandros misalnya ada bandros rasa keju, bandros coklat dan juga bandros susu sesuai dengan cita rasa yang disukai oleh pembeli.

Resep terkait: