Cara Membuat Asida - Dodol Arab yang Menjadi Kuliner Ambon

Asida atau sering disebut sebagai Asidah ini adalah kue yang berasal dari Arab. Kue ini banyak dimakan oleh warga Arab dan Afrika Utara sebagai sarapan pagi atau snack di malam hari. Tak heran karena dari segi cara pembuatan Asida memang simpel yaitu hanya terbuat dari adonan tepung terigu dan gula. Cara menikmati Asida pun hanya dengan menggunakan tangan.

Di Indonesia kue ini sudah tak asing bagi warga keturunan Arab dan Ambon. Bahkan di bagi warga Muslim di Ambon sana Asida telah menjadi camilan favorit selama bulan Ramadhan. Kini camilan klasik ini bahkan juga bisa dibuat dari kentang rebus, yang biasa disebut dengan Asida Kentang.

Kue khas Arab ini paling enak dinikmati bersama teh hangat di sore hari. Rasanya manis dengan tekstur kenyal seperti dodol. Di negara asalnya panganan ini dicocol dengan madu atau minyak samin namun bagi anda yang tidak suka dengan bahan tersebut dapat menggantinya dengan mentega. Penasaran bagaimana cara membuatnya? ssilahkan disimak sajiannya berikut ini...
Asida - Dodol Arab yang Menjadi Kuliner Ambon


Bahan-bahan:
  • 15 biji Kapulaga ditumbuk
  • 5 cm Kayu manis
  • 4 Cangkir terigu
  • 2 Lembar Daun Pandan
  • 1 Cangkir Gula merah
  • 1 Cangkir Mentega
  • Air Matang

Cara Membuat:
  1. Masak gula merah dengan secangkir air. Tambahkan kayu manis, daun pandan, dan  kapulaga. Aduk sampai gula mencair, dinginkan.
  2. Tuang air, saring, dan Saring air gula agar rempah nya tidak terbawa, campurkan dengan terigu.
  3. masukkan ke dalam wajan, panaskan. Aduk sampai melekat. Untuk memudahkan pengadukan masukkan mentega.
  4. Setelah lekat sama sekali, bentuk seperti kubah dan lubangi tengahnya siram dengan mentega cair yang beku.

Resep terkait: