Cara memasak Kalio Jengkol sedap

Kalio Jengkol
Jengkol (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) atau jering adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bangsa Barat menyebutnya sebagai dog fruit. Bijinya digemari di Malaysia (disebut "jering"), Myanmar (disebut "da nyin thee'"), dan Thailand (disebut "luk-nieng" atau "luk neang"). Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan.

Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

Biji jengkol dapat dimakan segar ataupun diolah. Olahan paling umum adalah disemur, dan dikenal oleh orang Sunda sebagai ati maung atau "hati macan". Jengkol dapat pula digoreng, dengan atau tanpa balado, atau digulai. Setelah diolah, jengkol akan mengeluarkan aroma khasnya yang bagi sebagian orang dianggap dapat menggugah selera dan memiliki citarasa yang khas; sedikit kelat dengan tekstur agak liat.

Selain disemur, biji jengkol juga dapat dibuat menjadi keripik seperti halnya emping dari melinjo, dengan cara ditumbuk/digencet hingga pipih, dikeringkan dan digoreng dengan minyak panas. Berikut ini salah satu olahan jengkol yang terkenal yakni resep Kalio jengkol, selamat mencoba...


Bahan-bahan yang diperlukan:
  • 1 kilo gram jengkol yang sudah tua
  • 4 gelas santan yang diambil dari 2 buah kelapa

Bumbu yang dibutuhkan:
  • 100 gram cabe merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 batang serai
  • 2 lembar daun kunyit
  • Garam secukupnya

Cara memasak:
  1. Bersihkan Jengkol, lalu rendam dalam air kelapa beberapa menit untuk menghilangkan rasa getir jengkol.
  2. Rebus jengkol sampai empuk, kemudian kupas kulitnya dan potong-potong sesuai selera.
  3. Giling semua bumbu sampai halus, santan dan bumbu dimasukkan ke dalam sebuah panci lalu jerangkan di atas kompor.
  4. Aduk santan agar tidak pecah, lalu tunggu sampai mendidih. Kemudian masukkan jengkol.
  5. Masak sampai sanjan menjadi kental.
  6. Kalio Jengkol siap dihidangkan.

Resep Menghilangkan Bau Jengkol tanpa mengurangi kelezatannya
  • Gunakan irisan daun jeruk untuk merebus jengkol sebelum dimasak lebih lanjut.
  • Rendam jengkol dalam air kapur satu malam sebelum diolah.

Manfaat jengkol

Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung. Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat.


Gangguan kesehatan

Biji jengkol sedikit beracun karena adanya kandungan asam jengkol, sebuah asam amino yang dapat menyebabkan djenkolism (keracunan biji jengkol). Gejala yang muncul antara lain terjadinya kejang otot, pirai, retensi urin, dan gagal ginjal akut. Kondisi tersebut terutama dialami pria, dan tidak bergantung dari berapa jumlah biji yang disiapkan. Setiap individu dapat dapat mengonsumsi jengkol tanpa insiden, tapi dapat mengalami gagal ginjal pada kesempatan yang lain.

Resep terkait: